SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SDN JENAR 1 DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 12 Juni 2010

MINAT BACA

MINAT BACA

Minat baca dan perpustakaan adalah dua hal yang sangat berkaitan satu sama lain, artinya: dengan perpustakaan yang baik sesuai standart perpustakaan sekolah ideal tentu akan dapat meningkatkan minat baca sejak dini
Minat sebagai gejala berkaitan dengan obyek atau aktifitas yang merestumulir perasaan senang pada individu, “(Soetarto, 1985:80). Minat adalah perasaan suka yang berhubungan dengan suatu reaksi terhadap sesuatu yang khusus atau situasi tertentu” (A.Rahm n I. 1980:9).
Minat baca adalah keinginan yang kuat yang disertai dengan usaha seseorang untuk membaca. Orang yang mempunyai minat baca yang besar bersedia untuk mendapatkan bahan bacaan dan kemudian membacanya atas keinginan sendiri.
Orang yang minat bacanya tinggi akan menjadikan membaca sebagai kebiasaan sekaligus kebutuhan. Ini berarti minat baca merupakan kecenderungan perasaan suka terhadap reaksi sehingga erat hubungannya terhadap atau stimulus dan respon

Adapun ciri- ciri anak berminat baca tinggi antara lain sebagai berikut:
1. Rajin membaca buku-buku pelajaran disekolah dan tidak perhah bukunya tertinggal dirumah
2. Aktif membaca buku-buku pelajaran baik di sekolah maupun dirumah
3. Dapat menyebutkan buku-buku perpustakaanyang pernah dibacanya, isinya atau pengarangnya.
4. Pandai membuat rangkuman dan ringkasan atau garis besar isinya dari buku yang dibacanya.
5. Pandai bercerita tentang pengalamannya yang diperoleh dari hasil membaca buku kepada teman-temanya
6. Mudah timbul minat/gairah untukmembaca bila mempunyai judul-buku yang baru.
8. Dapat memilih buku perpustakaan yang ada hubungannya dengan pelajaran di sekolah.
Banyak faktor yang mempengaruhi minat baca pada anak dan kami membagi menjadi 2 faktor antara lain :
1. Faktor internal
a. Faktor Jasmani atau pshilogis
a) Kesehatan waktu membaca
b) Kelelahan atau tidaknya waktu membaca
c) Cacat tidaknya tubuh
d) Faktor Rohani
e) Pemusatan perhatian
f) Kuat atau lemahnya minat
g) Keseimbangan kepribadian
h) Tingkat kecerdasan
i) Daya ingatan
j) Dorongan ingin tahu

2. Faktor eksternal
a. Tempat belajar, ramai tenang, terang, gelasp
b. Peralatan belajar lengkap/tak lengkap
c. Waktu cukup atau kurang
d. Teman membaca
e. Tingkat kesulitan bahan
f. Bimbingan dan cara menelaah bahan atau dalam hal ini buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar